Tips Import Barang dari China Menggunakan Jasa Ekspedisi China Indonesia

 Tips Import Barang dari China Menggunakan Jasa Ekspedisi China Indonesia

Terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan apabila anda ingin import barang dari China menggunakan jasa import door to door atau jasa ekspedisi China Indonesia (international freight forwarder). Xing Lie Cargo akan memberikan beberapa tips untuk anda demi kelancaran dan keamanan import anda.


Melakukan pengemasan yang bagus sesuai dengan Standart Packing International

Jika anda menggunakan jasa forwarder China Indonesia, tentu nya barang akan dikirim dari tempat supplier ke alamat gudang forwarder yang di China. Proses perjalanan dari gudang supplier ke gudang forwarder membutuhkan waktu beberapa hari tergantung dari lokasi supplier. 

jasa import china
contoh packing palet / dus


Misalnya lokasi supplier anda berlokasi di Henan, Yiwu, Shanghai, maka supplier anda akan mengirimkan barang ke tempat forwarder di yang berlokasi di Guangzhou dengan menggunakan ekspedisi local. Proses pengiriman nya butuh waktu 3-4 hari. Berbeda dengan apabila lokasi supplier anda berada di Shenzhen atau Guangzhou, dimana kota tersebut lebih dekat dengan alamat forwarder sehingga membutuhkan waktu hanya 1-2 hari saja untuk barang tiba di gudang forwarder.


Selama perjalanan menggunakan ekspedisi local, di gudang ekspedisi local pun juga terdapat banyak barang, bukan hanya barang anda saja. Apabila barang anda kondisi pengemasannya tidak bagus, kemungkinan barang anda tiba di gudang forwarder juga kondisinya semakin tidak bagus. Ditambah lagi dengan proses perjalanan dari barang diterima forwarder sampai ke Indonesia, barang ditumpuk/ditindih, sehingga kemungkinan kondisi barangnya bisa semakin memburuk.


Jeleknya pengemasan dus dapat berakibat barang anda hilang atau rusak. Beberapa pengalaman Xing Lie Cargo terhadap barang customer yaitu misalnya pengemasan dengan dus tipis,  pelit lakban, begitu barang tiba di gudang forwarder, dus diterima agent dalam kondisi sudah terbuka. Hal ini mengakibatkan resiko barang anda hilang dan tidak dapat di claim jika terdapat barang yang hilang karena packing original nya memang sudah seperti itu. 


Contoh lainnya misalnya anda import barang elektronik atau lampu yang rentan pecah. Dus nya tipis atau tidak di palet. Bayangkan apabila anda mengirim barang menggunakan container (via laut), barang anda tertindih barang lainnya, maka apa yang terjadi? 
Ada resiko barang elektronik/lampu bisa pecah atau retak dan kesalahan tersebut tidak bisa menjadi tanggung jawab Xing Lie Cargo.


Oleh karena itu, penting diperhatikan untuk selalu meminta supplier untuk mengemas barang anda dengan baik. Jika perlu, minta lah foto terlebih dahulu sebelum barang dikirimkan ke gudang forwarder. 


Mencantumkan kode marking di setiap dus sebelum barang dikirim ke gudang forwarder


Jasa forwarder atau jasa import barang China sistem borongan sangat identik dengan penggunaan kode marking. Dengan adanya kode marking, barang akan mudah dilacak oleh agent forwarder setelah barang diterima di gudang. Contoh penulisan kode marking atau informasi lebih lanjut mengenai kode marking / shipping mark bisa dilihat disini. Oleh karena itu, harap ingatkan ke supplier anda agar tidak membiarkan kirim paket anda hanya dus saja tanpa ada nya penulisan kode marking.


Memberikan nomor resi pengiriman atau tanda terima gudang setelah barang dikirim ke tempat forwarder


Rekapan barang oleh agent terkadang butuh waktu agar rekapan barang masuk bisa ter-update. Jika anda mau lebih cepat dalam proses pengecekan dan pelacakan status atau posisi barang anda, akan lebih baik agar anda memberikan nomor resi pengiriman (apabila barang di kirim oleh supplier menggunakan ekspedisi local) atau tanda terima gudang (apabila barang di antar sendiri oleh supplier ke gudang). Cara lacak paket China anda juga bisa anda lakukan sendiri dengan mudah.


Memberikan dokumen Invoice dan Packing List kepada Xing Lie Cargo

Apabila anda ingin melakukan pengiriman barang menggunakan jasa forwarder, harap memberikan dokumen-dokumen yang diperlukan oleh forwarder demi kelancaran barang anda. Sehingga pihak forwarder bisa memberikan harga dan estimasi harga yang terbaik untuk anda.


Berikut adalah informasi mengenai tips-tips import barang dari China menggunakan Jasa Ekspedisi China Indonesia Xing Lie Cargo. Apabila anda membutuhkan jasa pengiriman barang / jasa transfer uang ke China, jangan segan menghubungi kami!







Lebih baru Lebih lama