Dokumen yg Dibutuhkan Dalam Import - Syarat Import Barang dari China

Pengiriman barang dari China menggunakan Jasa Ekspedisi Import Door to Door Service sangat lah mudah. Anda tidak perlu repot dalam mengurus kepabean, pajak, PPN, PPH, custom clearance, izin import dll. Namun terdapat beberapa jenis dokumen yang harus anda berikan kepada pihak forwarder sebelum anda mengirim barang ke gudang / warehouse agent di China.



Dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam import barang dari China yaitu:
1. INVOICE (nota pembelian)
Invoice / Nota pembelian / struk belanja dibutuhkan dalam melakukan pengiriman barang dari China menggunakan jasa forwarder door to door. Jika anda ingin dibantu dalam bertransaksi transfer uang ke supplier China anda, di dalam invoice juga biasanya akan diinfo Bank Information yang terdapat informasi mengenai bank tersebut, cabang bank, nomor rekening penerima, dan nama penerima.

Jika ingin dibantu pengiriman uang dari China, no rekening, nama penerima dan cabang bank tersebut harus dalam bahasa Hanzi (bahasa mandarin). Dapatkan kemudahan dalam bertransaksi dengan menggunakan Jasa Titip Transfer kami dimana anda tidak perlu repot karena anda cukup transfer uang menggunakan rupiah, bukti transfer akan kami berikan dalam menggunakan Yuan/RMB. Contoh bukti transfer bisa dilihat DISINI



2. PACKING LIST
Dokumen yang memberikan informasi mengenai barang anda. Dalam packing list biasanya akan ada:
- Informasi BERAT barang (Weight) --> ada berapa kg
- Informasi DIMENSI dus --> panjang x lebar x tinggi nya berapa
- Informasi PACKAGING barang anda seperti apa --> apakah menggunakan dus / karton / palet kayu / sak dll

2 dokumen crucial yang diperlukan oleh pihak forwarder biasanya hanya Invoice dan Packing List saja. Namun untuk beberapa jenis barang tertentu juga kadang diperlukan dokumen lain nya seperti MSDS dan HSCODE.

MSDS (Material Safety Data Sheet) biasanya digunakan untuk pengecekan oleh pihak forwarder jika ada importir yang mau melakukan pengiriman bahan kimia / chemical. Sedangkan nomor HSCODE biasa kita akan cek juga jika ada importir yang mau melakukan pengiriman barang FCL.

SYARAT IMPORT BARANG DARI CHINA:
1. Harus ada supplier dulu
Yang pastinya syarat utama adalah anda harus memiliki supplier terlebih dahulu. Anda dapat mencari supplier dengan berbagai macam cara seperti mengunjungi langsung pabrik di China, datang ke pameran, atau mencari supplier dari Aliexpress ataupun Alibaba.

2. Harus tau jenis barang apa
Anda harus memastikan terlebih dahulu mau import barang apa. Terkadang ada beberapa customer dimana mereka masih belum pasti mau import barang apa, tapi sudah minta alamat agent kita. Biasanya kalau kasus seperti ini, kita tidak bisa sembarangan memberikan info alamat gudang kita. Tolong dipastikan terlebih dahulu mau import barang apa, akan lebih bagus jika diinfo invoice / packing list dan foto barang kepada Xing Lie Cargo. Karena kita juga tidak bisa sembarangan terima barang. Ada barang yang bisa diimport, ada juga barang yang tidak bisa kita bantu import.

3. Memberikan Kode Marking di setiap dus sebelum kirim barang
Supplier anda harus mencantumkan kode marking / shipping mark pada saat pengiriman barang ke gudang kita. Untuk informasi mengenai kode marking bisa dilihat DISINI

4. Memberikan Tracking Number / Surat tanda Terima Gudang setelah barang dikirim ke warehouse
Pengiriman barang ke gudang / warehouse agent oleh supplier bisa dilakukan dengan beberapa opsi.
- Supplier mengirimkan barang sendiri ke gudang forwarder menggunakan trucking
Jika lokasi berdekatan/tidak jauh biasanya supplier akan mengirimkan barang anda menggunakan trucking atau mengirim barang langsung ke gudang. Pengiriman barang langsung ke gudang, nanti agent forwarder akan memberikan bukti tanda terima gudang. Bukti bahwa barang anda telah diterima oleh agent.

Contoh pengiriman barang trucking oleh supplier
Contoh bukti tanda terima gudang


- Supplier kirim barang menggunakan ekspedisi local.
Jika lokasi supplier jauh, biasa mereka mengirimkan barang anda menggunakan pihak ketiga. Jika di Indonesia, diibaratkan seperti menggunakan JNE, JNT, Wahana dll. Untuk ekspedisi local yang biasa digunakan di China yaitu antara lain seperti Sinfor Express, Yunda, Yousu, Deppon, SF Express, dll. Setelah barang dikirim biasanya supplier akan memberikan nomor resi ekspedisi local tersebut.

Berikut dokumen dokumen dan syarat yang dibutuhkan jika ingin import barang dari China menggunakan Jasa forwarder door to door service. Dapatkan kemudahan import barang menggunakan Xing Lie Cargo!
- Tidak perlu urus pajak, custom clearance dll (biaya ALL IN)
- Tidak perlu izin import
- Pengiriman diurusi dari barang di China sampai ke tangan anda
- Kemudahan transaksi keluar negri
- Menerima COD
- Menerima ukur ulang
- Memberikan foto barang telah sampai di gudang kami di Jakarta sebelum anda membayar tagihan kami
- Menerima konsultasi langsung di kantor kami
100% TRUSTED


For Testimonial, Updates, Warehouse:
FACEBOOK || INSTAGRAM || TWITTER || 

Contact Us:
Website: www.xingliecargo.com
Email: info@xingliecargo.com
Instagram: @xingliecargo
Whatsapp & Phone: 
08777-308-1112 
Review, our warehousing etc: http://jasaforwarder1688.wordpress.com
Previous Post Next Post