Cara Mencari Supplier di Alibaba yang Bisa Dipercaya

 Banyaknya barang baru dan unik di marketplace luar negri seperti Alibaba, Aliexpress, Taobao dll menciptakan peluang usaha import barang China. Tapi, untuk yang belum pernah import sebelumnya, mungkin anda belum memiliki pengalaman berbelanja di Alibaba atau pengalaman import. Anda mungkin kebingungan bagaimana cara mencari supplier yang bisa dipercaya dan diajak menjadi mitra kerja sama anda, takut resiko di tipu supplier, barang yang di kirim tidak sesuai dengan yang gambar, dan lain sebagainya. Dalam kesempatan ini, Xing Lie Cargo akan membagikan tips untuk anda mengenai bagaimana mencari supplier yang recommended di Alibaba.


Cara Mencari Supplier di Alibaba yang Bisa Diandalkan dan Dipercaya




1. Usahakan mencari supplier yang telah terverifikasi

  • A&V Check menandakan bahwa suatu pemasok telah lulus inspeksi autentikasi dan verifikasi oleh Alibaba dan layanan verifikasi pihak ketiga.

  • Onsite Check memastikan bahwa staf Alibaba telah memeriksa lokasi pemasok yang berbasis di Cina dan memastikan bahwa operasional pemasok benar-benar terjadi

  • Assessed Supplier Check mencatat bahwa suatu pemasok telah diverifikasi oleh layanan pihak ketiga.
Supplier yang terverifikasi ini sudah di cek langsung oleh pihak ketiga mengenai keberadaan perusahaan tersebut, peninjauan oleh pihak terkait dengan mengunjungi langsung pabrik atau tempat produksi perusahaan tersebut sehingga menghindari adanya perusahaan bodong atau fiktif. 


2. Mencari ulasan dari pembeli yang transaksi dengan supplier sebelumnya

Selain mengecek lencana profile supplier, cari tau juga review atau ulasan dari pembeli sebelumnya. Adakah keluhan atau pengalaman pembeli yang tidak baik, atau apakah pembeli merasa puas dengan supplier tersebut untuk menghindari penipuan atau hal-hal yang tidak diinginkan.



3. Mengecek level transaksi supplier (transaction level)

Semakin besar level transaksi supplier, berarti semakin banyak juga orderan atau transaksi yang sudah di proses oleh seller tersebut. Proses penjualan ke customer juga banyak jika level transaksi nya tinggi.


Transaksi level di Alibaba, dapat anda cek bertandakan logo diamond. Semakin besar transaksi, semakin banyak lencana logo diamond yang tertera di supplier tersebut.


Berikut adalah beberapa tips dalam mencari supplier di Alibaba sebagai partner bisnis anda. Apabila anda masih ragu, anda juga dapat membeli barang sampel terlebih dahulu, lalu kirim langsung menggunakan DHL atau pos Indonesia. Untuk pembelian dalam jumlah banyak, anda juga bisa menghubungi Xing Lie Cargo yang memberikan layanan jasa forwarder murah dari China ke Indonesia dimana kami akan membantu seluruh proses import anda mulai dari barang di China sampai barang tiba di tempat anda di Indonesia.


Hubungi Xing Lie Cargo lebih lanjut jika butuh bantuan mengenai pengiriman barang dari China ke Indonesia ataupun jika anda membutuhkan jasa titip transfer bantu bayarin orderan ke seller anda. Tersedia juga panduan import gratis yang bisa anda dapatkan untuk customer yang belum pernah import sebelumnya!





Lebih baru Lebih lama