3 Marketplace Pencarian Supplier Importir Barang dari China

Mengenal Marketplace Alibaba, Aliexpress, dan Taobao dalam Melakukan Pencarian Supplier Untuk Import Barang dari China

Sobat import mungkin bingung dengan banyaknya marketplace China yang digunakan para importir dalam mencari supplier untuk produk yang anda inginkan. Begitu banyak marketplace China yang beredar seperti Alibaba, 1688 atau Aliexpress, Taobao, Pinduoduo, Banggoods, Made-in-China, Globalsources, Yiwugou dan lain sebagainya.  Dalam kesempatan kali ini, Xing Lie Cargo akan merangkum perbedaan marketplace Alibaba, Aliexpress dan Taobao.




Dalam kesempatan kali ini, Xing Lie Cargo akan membahas marketplace yang paling umum dan paling sering digunakan oleh importir barang China, yaitu Alibaba, Aliexpress, dan Taobao. 


1. Alibaba

Situs Alibaba didirikan oleh Jack Ma. Sebelum dia meraih kesuksesan, begitu banyak hal-hal pahit yang telah ia rasakan. Tau kah kamu? Pada saat diluncurkan aplikasi Alibaba, belum ada orang yang percaya dengan Alibaba sehingga pada saat itu, dia dan team nya melakukan proses jual beli sendiri. Team nya mendaftarkan toko mereka di Alibaba, dan dibeli juga oleh team nya sendiri. 😀Strategi seperti ini yang mengundang banyak penjual tertarik dan berbondong-bondong untuk mendaftarkan toko nya di Alibaba agar bisa dijual ke luar negri.


Sekarang, seperti yang kita ketahui, Alibaba menjadi perusahaan terbesar yang menyaingi Amazon dimana banyak orang dari luar negri yang mencari supplier melalui marketplace ini. Alibaba telah melakukan export ke banyak negara seperti Asia, Eropa, Afrika, Australia, dan lainnya. 


Para importir di Indonesia juga banyak yang melakukan transaksi jual beli melalui situs ini. Berikut ini kelebihan dan kekurangan belanja di Alibaba:


(+) Kelebihan import barang dari China menggunakan Alibaba:

  • Harga lebih murah apalagi jika anda membeli grosiran
  • Alibaba menawarkan trade-insurance demi keamanan anda dalam berbelanja
  • Banyaknya supplier langsung (tanpa melalui broker/perantara) dan memiliki pabrik yang bisa anda kunjungi
  • Komunikasi bisa cukup mudah melalui chat messanger atau email
  • Cocok untuk importir barang kuantiti besar 

(-)  Kekurangan import barang dari China menggunakan Alibaba:

  • Tidak semua penjual di Alibaba jujur. Terdapat juga seller-seller nakal dan fiktif
  • Terkadang harga yang ditawarkan mahal untuk pembelian jumlah sedikit
  • Barang tidak semuanya ready stock, butuh waktu produksi
  • Untuk kategori barang branded, kualitasnya terkadang tidak bagus (pembelian barang branded lebih baik untuk mengunjungi toko fisik langsung, tidak disarankan untuk belanja melalui marketplace)
  • Alibaba memiliki MOQ (minimum order quantity), dan apabila anda membeli dalam jumlah sedikit, harga nya akan lebih mahal

Kesimpulannya: Alibaba mampu memberikan kemudahan dalam import barang dalam jumlah banyak karena apabila anda membeli barang dalam jumlah banyak, pihak pabrik atau supplier sana mampu memberikan potongan harga yang cukup banyak apalagi jika anda bisa melakukan negoisasi dengan supplier. 


2. Aliexpress atau 1688

Aliexpress atau 1688 memiliki interface yang sedikit mirip dengan Shoppe. Disini, anda bisa membeli barang dalam jumlah satuan, dan terdapat beberapa seller yang bisa memberikan anda voucher kupon potongan harga apabila anda membeli dalam jumlah tertentu. Melalui Alibaba, anda bisa langsung melakukan add to cart dalam pembelian barang anda dan bisa juga berbicara dengan supplier melalui messanger


(+) Kelebihan import barang dari China menggunakan Aliexpress atau 1688:

  • Proses pembelian lebih murah. Anda bisa berbelanja langsung dan add-to-cart tanpa perlu menghubungi supplier
  • Bisa menerima pembelanjaan jumlah sedikit atau satuan
  • Adanya potongan harga atau voucher diskon apabila pembelian anda memenuhi syarat tertentu
  • Kebanyakan barang langsung ready stock tanpa perlu menunggu produksi 
  • Mencakup pasar international
  • Cocok untuk beli eceran

(-)  Kekurangan import barang dari China menggunakan Aliexpress atau 1688:

  • Harga yang ditawarkan terkadang lebih mahal apabila pembelian dalam jumlah sedikit
  • Kurang cocok untuk pedagang besar 


3. Taobao

Taobao juga merupakan salah satu situs marketplace yang banyak digemari. Namun, pembelian dari Taobao ini hanya bisa dilakukan oleh orang China local. Pengirimannya pun tidak bisa dikirim international (hanya bisa dikirim ke sesama China). Anda bisa menggunakan perantara yang membantu order barang melalui aplikasi ini. Setelah transaksi diproses, barang harus dikirim ke gudang forwarder di China.


(+) Kelebihan import barang dari China menggunakan Taobao:

  • Harga yang ditawarkan murah
  • Jenis barang lebih variatif
  • Terdapat barang yang tidak bisa ditemui di Alibaba dan 1688 Aliexpress
  • Bisa melakukan pembelian dalam jumlah eceran / sedikit


(-)  Kekurangan import barang dari China menggunakan  Taobao:

  • Tidak bisa melakukan pengiriman diluar dari negara China
  • Bahasa yang digunakan bahasa mandarin sehingga akan menyulitkan untuk importir yang tidak mengerti bahasa mandarin

Berikut adalah 3 marketplace China yang banyak digunakan dalam mencari produk untuk dijual kembali ke Indonesia. Setelah anda menemukan supplier di marketplace tersebut, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran barang. Apabila anda berbelanja di Alibaba atau Aliexpress (1688), anda bisa menggunakan jasa perantara transfer RMB. Kirim uang ke China, 1688, Aliexpress mudah hanya menggunakan rupiah saja.


Langkah selanjutnya adalah melakukan pengiriman barang setelah anda selesai proses pembayaran. Cara import barang dari China bagi pemula import sangat mudah apabila anda sudah tau alurnya! Apabila anda tidak mau repot, gunakan saja jasa forwarder import China ke Indonesia. Salah satu daftar forwarder terpercaya di Indonesia adalah Xing Lie Cargo.


Mudahnya Import Barang Menggunakan Jasa Forwarder China ke Indonesia


Dengan menggunakan jasa forwarder, anda tidak perlu lagi takut barang tidak sampai ke tangan anda. Proses pengurusan dari barang di China, akan dibantu oleh pihak forwarder sampai barang tiba di Jakarta-Indonesia. Anda tidak perlu repot lagi mengurusi rumitnya pengurusan pajak, ppn, pph, custom clearance dll. Jasa forwarder adalah salah satu solusi untuk import barang dari China.


Apabila ada pertanyaan seputar jasa forwarder China ke Indonesia murah, butuh konsultasi mengenai import barang, jangan segan untuk menghubungi Xing Lie Cargo!








Previous Post Next Post