Cara Kirim Barang dari China ke Indonesia

Berbagai macam cara kirim barang dari China ke Indonesia yang bisa anda gunakan setelah anda berbelanja barang dari China atau dari marketplace seperti situs Alibaba, Taobao, Aliexpress, 1688. 


Kebutuhan import dari China sangat menggiurkan di masa sekarang apalagi dengan adanya pandemi virus Corona. Terdapat beberapa barang yang sangat mahal di pasaran Indonesia yang mengakibatkan kebutuhan import barang dari China melonjak pesat. 

cara kirim barang dari china ke indonesia



Terbukti dengan banyak nya barang-barang yang diimport barang dari China selama pandemi ini seperti import masker, rapid test, oxygen concentrator, tabung gas oksigen, dan masih banyak lainnya. Selain barang yang berhubungan dengan pandemi, hampir berbagai jenis barang juga diimport dari China seperti barang fashion, sparepart mobil/motor/sepeda, elektronik, baju, mainan, alat tulis, alat kantor, perlengkapan rumah tangga, dan masih banyak lainnya.


Kebutuhan import dari China ini banyak dilakukan oleh berbagai kalangan seperti pebisnis, import untuk keperluan pribadi, online shop, kebutuhan perusahaan, untuk komunitas tertentu, atau untuk orang yang sedang mencoba memulai usaha. Untuk pemula import, mungkin terkadang anda masih belum terlalu paham, bagaimana cara melakukan pengiriman barang dari China ke Indonesia. Ada ketakutan kalau barang tidak bisa sampai ke tangan anda, takut barang kena sita, dan lain sebagainya. Berikut ini Xing Lie Cargo akan merangkum berbagai jenis cara kirim barang dari China ke Indonesia.


Cara Kirim Barang dari China ke Indonesia


1. Pengiriman barang dari China via Pos Indonesia


Anda bisa mengirim barang langsung dari China ke Indonesia menggunakan pos Indonesia. Untuk nominal invoice dibawah $75, paket anda akan langsung dikirim oleh petugas pos ke alamat anda di tujuan dimana anda nanti langsung membayar pajak kepada pak pos lalu bisa menerima paket anda langsung.

Apabika nilai paket anda diatas $75, biasanya anda akan menerima pemberitahuan atas pajak dengan diberikannya surat ke alamat anda (bukan paket) dan anda melakukan pembayaran pajak di pos terdekat dengan alamat anda dan harus diambil sendiri ke kantor pos.


2. Pengiriman barang dari China menggunakan pos International 


Contoh opsi pengiriman international yang bisa anda gunakan dalam pengiriman barang dari China ke Indonesia yaitu seperti DHL, Fedex, TNT, Aramex dll. Barang yang tiba di Indonesia, nanti nya anda harus membayar bea masuk, PPN,PPH. Biaya ini akan ditalangi terlebih dahulu oleh DHL lalu anda baru bayar setelah barang tiba. Apabila barang anda dibawah $75, maka akan dibebaskan bea masuk. Pengiriman barang menggunakan pos international ini juga cocok untuk kirim barang dalam jumlah sedikit atau barang sample. Namun, biasanya harganya agak lebih mahal dibandingkan menggunakan pengiriman kantor pos.


3. Pengiriman barang dari China menggunakan jasa Forwarder

Jasa forwarder adalah jasa pengiriman barang dari China ke Indonesia yang membantu para importir dalam mengimport barang. Dengan menggunakan jasa forwarder, semuanya sudah diurusi. Dimulai dari barang posisi di China sampai barang tiba di gudang forwarder di Indonesia. Pembayaran jasa forwarder setelah barang tiba di gudang forwarder di Indonesia. Artinya, selama barang belum sampai, anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar pengirimannya. Selain itu, harga yang anda bayar sudah termasuk dengan pengurusan pengeluaran barang, urus PPN, PPh dll sehingga anda tidak perlu pusing lagi dan hanya terima beres saja.


Penggunaan jasa forwarder ini cocok untuk anda yang melakukan pengiriman barang dalam jumlah besar maupun kecil. Namun tidak cocok untuk pengiriman barang sample yang hanya 1-2 kg saja karena setiap forwarder memiliki minimum pengiriman.


Untuk tarifnya sendiri, terdiri dari 2 macam jalur yaitu via udara dan laut yang harganya berbeda-beda tergantung dari jenis barang apa yang ingin anda import.

Pelajari lebih lanjut disini:
Berikut adalah cara-cara kirim barang dari China ke Indonesia. Apabila butuh informasi lebih lanjut mengenai jasa forwarder China Indonesia, jangan segan untuk menghubungi Xing Lie Cargo.






Previous Post Next Post