Cara Mendapatkan Supplier Pusat Grosir Barang Unik China

Grosir China Market (Pusat Grosir China) 

Negara China adalah salah satu negara pencetak export terbesar di dunia. Begitu banyak barang yang telah di export keluar negri seperti daerah Asia lainnya, Eropa, Australia dll. Jenis barang yang di export juga mencakup pangsa pasar dari berbagai macam kategori seperti kosmetik, peralatan rumah tangga, mainan, sparepart kendaraan, elektronik, alat-alat teknik dan alat berat, aksesoris fashion, aksesoris handphone, dan lain sebagainya.


Kebutuhan import barang dari China di Indonesia juga cukup tinggi karena adanya keterbatasan produksi dan kapasitas tenaga kerja di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang anda sebagai importir harus ketahui dalam melakukan import barang dari China. Salah satu nya adalah dengan mencari tahu lokasi kota para supplier anda sehingga anda dapat menghitung atau mengkalkulasi biaya pengiriman anda.


Kota-kota pusat grosir barang unik China yang terkenal 

Dengan pengalaman lebih dari 5 tahun, sebagai penyedia jasa pengiriman China Indonesia Xing Lie Cargo tentu nya paham betul mengenai sumber supplier di China. (Eits.. tapi jangan nanya "kak minta referensi supplier donk".. Kalau ini internal data perusahaan dan privacy customer yang tidak bisa kami infokan yah.. hehe)

Melalui kesempatan kali ini, Xing Lie Cargo akan memberikan informasi special kepada pembaca mengenai kota-kota tempat supplier para importir barang China. Ikuti terus ya!


komunitas importir china


1. Guangzhou

Kota Guangzhou adalah salah satu pusat grosir terbesar di China yang menjual berbagai macam barang terutama untuk kategori fashion dan elektronik. Mau cari aksesoris handphone? Barang fashion seperti tas, baju, dll banyak banget disini. Guangzhou juga merupakan pusat pameran terbesar di dunia. Setiap setahun sekali, terdapat pameran di gedung China Export & Import Fair dimana anda bisa menemukan beragam macam supplier dari berbagai jenis sektor industri. 


Kota Guangzhou juga pilihan yang tepat apabila anda menggunakan jasa import borongan atau jasa forwarder China Indonesia karena sebagian besar forwarder berpusat dan berlokasi di kota ini sehingga pengiriman barang dari tempat supplier ke gudang forwarder cukup dekat.


FYI, apabila anda menggunakan jasa forwarder untuk import barang dari China, barang tidak dikirim oleh supplier ke port atau pelabuhan, melainkan barang tersebut dikirim nya ke alamat gudang forwarder di Guangzhou. Untuk alamatnya, anda bisa menanyakan kepada jasa forwarder anda beserta kode marking nya. Tarif yang diberikan juga berbeda-beda tergantung dari jenis kategori barang dan jalur apa yang ingin anda gunakan. 


2. Shenzhen

Salah satu tujuan pariwisata yang bertujuan untuk bisnis destinasi nya adalah di Shenzhen. Di kota ini, juga banyak sekali pedagang yang menjual barang secara grosiran terutama di barang elektronik. Barang lain seperti industri fashion dan lain-lain juga bisa anda temukan disini. 

Apabila anda menggunakan jasa forwarder, jarang sekali ada forwarder yang berlokasi di Shenzhen. Namun, jangan khawatir. Anda bisa menggunakan ekspedisi local untuk pengiriman dari Shenzhen ke gudang forwarder yang ada di Guangzhou. Jarak antara Shenzhen dan Guangzhou tidak terlalu jauh, kurang lebih seperti Jakarta-Bandung kok.. 
Untuk biaya ekspedisi localnya anda bisa tanyakan langsung ke supplier biasanya tidak terlalu mahal.


3. Yiwu

Yiwu adalah kota yang cukup terkenal juga di China yang banyak disenangi oleh para importir Indonesia. Biasanya harga dari Yiwu sedikit lebih murah di bandingkan Guangzhou atau Shenzhen. Kota Yiwu lebih terkenal dengan banyaknya barang-barang pabrik atau industri seperti sparepart alat berat, pompa, dan sejenisnya. 

Apabila anda menggunakan jasa forwarder dan hendak mengirimkan barang dari Yiwu ke Guangzhou, jangan lupa untuk mintakan supplier untuk mengemas dan packing barangnya yang bagus, menggunakan dus tebal karena pengiriman menggunakan ekspedisi local dari Yiwu ke gudang forwarder di Guangzhou lumayan jauh. Butuh waktu sekitar 3-4 hari agar barang bisa tiba di Guangzhou.


Berikut adalah kota-kota favorit para importir dan komunitas importir China dalam mencari supplier. Apalagi sebelum Corona, banyak sekali importir yang berbelanja langsung ke kota tersebut. Akibat pandemi ini, sebagian importir yang tidak bisa berbelanja langsung juga bisa memanfaatkan marketplace China dalam berbelanja barang.


Semoga informasi ini berguna, dan apabila anda membutuhkan jasa pengiriman China ke Indonesia, jangan segan menghubungi kami. Xing Lie Cargo siap membantu anda dengan menyediakan layanan konsultasi dan panduan import gratis!









Previous Post Next Post