Cara Import Barang dari Alibaba Tanpa Kena Pajak

Cara Import Barang dari Alibaba Tanpa Kena Pajak

Hello, sobat import..
Jika anda melakukan pembelian barang dari Alibaba ataupun Aliexpress, anda tidak perlu membayar pajak lagi apabila transaksi pembelian anda sebesar $75. Supplier anda bisa langsung mengirimkan barang ke Indonesia, ke tempat tujuan anda di Indonesia tanpa perlu bayar bea masuk lagi. 

Bagaimana jika barang yang anda beli melebihi $75?
Anda bisa langsung kirim barang ke Indonesia dan melakukan pembayaran pajak di kantor pos apabila anda mengirimkan barang dari China melalui pos indonesia. Jika anda mengirim barang dengan menggunakan kurir international seperti Fedex, DHL, Aramex dan sejenisnya, maka anda bisa membayar ke kurir tersebut. Pembayaran pajak langsung ke kurir international atau pos Indonesia berlaku untuk import barang dalam jumlah sedikit.




Cara Import dari China dalam Jumlah Besar yang Aman

Import Barang dari China Menggunakan Forwarder Pilihan Supplier Alibaba

Import barang dari China dalam jumlah besar, tidak memungkinkan barang tersebut dikirim menggunakan pesawat atau melalui kurir international seperti DHL, Fedex, TNT, Aramex, dan sejenisnya. Pihak supplier pasti akan menawarkan kepada anda apakah pengiriman bisa dilakukan dari China langsung menggunakan forwarder pilihan supplier atau melalui forwarder pilihan anda. 

Apabila anda memilih untuk menggunakan jasa forwarder pilihan supplier, biasanya supplier hanya bertanggung jawab hanya sebatas barang tiba di pelabuhan Indonesia. Setelah barang tiba di pelabuhan Indonesia, anda harus mengurusi pajak dan perizinan sesuai dengan jenis barang yang anda import. Anda harus cek terlebih dahulu HSCODE untuk barang yang akan anda datangkan ke Indonesia. Import barang dari China menggunakan jasa forwarder yang dipilih oleh supplier, biayanya mungkin akan jauh lebih murah dibandingkan menggunakan jasa forwarder China-Indonesia. Namun, harap diperhatikan apabila dokumen anda tidak lengkap, tidak memiliki izin import, tentu nya barang anda akan sulit untuk keluar dari pelabuhan dan kemungkinan membayar tagihan dan biaya lain yang tidak terduga. 

Import Barang dari China Menggunakan Jasa Forwarder China - Indonesia

Apabila anda memilih untuk menggunakan jasa forwarder China ke Indonesia, barang anda akan diurusi oleh forwarder dimana pihak forwarder bertanggung jawab penuh sampai barang anda tiba di Indonesia. Pihak supplier harus mengirimkan barang bukan ke pelabuhan, melainkan ke alamat gudang forwarder yang berada di China. Term dagang yang paling bagus dalam mengirimkan barang ke forwarder adalah dengan menggunakan term FOB Guangzhou. Hal ini karena kebanyakan gudang forwarder berlokasi di Guangzhou. Jika supplier berada di kota lain diluar Guangzhou, anda bisa minta supplier untuk mengirim barang ke Guangzhou menggunakan ekspedisi local. 

Apa itu Jasa Forwarder?


Jasa forwarder adalah perusahaan ekspedisi yang membantu pengiriman barang dari China ke Indonesia. Dengan menggunakan jasa forwarder ini, seluruh proses pengiriman barang dari barang di China sampai ke Indonesia sudah diatur dan dibantu. Anda tidak perlu lagi repot mengurusi rumitnya perizinan, mengurus pengeluaran barang, dll karena semuanya diurus oleh pihak forwarder. 


Pelajari lebih lanjut disini:

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam import barang dari Alibaba:

Penting untuk anda dalam melakukan pembelian dalam jumlah banyak, tanyakan kepada supplier apakah barang tersebut ada tax refund / export permit atau tidak.

Meskipun anda melakukan import barang menggunakan jasa forwarder, terkadang pihak supplier juga mengenakan pajak atas barang yang anda beli. Pembelian diatas $5000 usd di Alibaba, akan dikenakan Tax Permit / Export Permit / Tax Refund. Supplier akan meminta pihak forwarder dalam melakukan pengurusan Tax Refund. 

Cara Import Barang dari Alibaba Tanpa Kena Pajak Meskipun Telah Menggunakan Jasa Forwarder

  1. Tanyakan kepada supplier terlebih dahulu apakah ada tax refund sebelum proses transaksi
  2. Apabila tidak ada, barang bisa langsung anda kirim ke gudang forwarder
  3. Apabila ada TR (tax refund), minta lah penerbitan invoice pembelian anda dalam RMB
  4. Proses pembayaran ke supplier menggunakan RMB, tidak boleh menggunakan USD
  5. Pembayaran yang telah anda bayar dalam RMB / mata uang China akan dibebaskan dari Tax Refund

Transaksi ke Alibaba Menggunakan Jasa Titip Transfer RMB

Xing Lie Cargo bisa membantu anda untuk kirim uang ke China, bantu transfer ke supplier Alibaba anda. Dengan anda melakukan pembayaran RMB atau dengan mata uang China, anda akan dibebaskan dari Tax Refund. 

jasa tt transfer rmb



Berikut adalah cara import barang dari Alibaba tanpa pajak. Semoga informasi ini bisa berguna untuk para importir. Salam, Xing Lie Cargo! 










Lebih baru Lebih lama