Apa itu FOB, CIF, EXW dalam Berbelanja di China Menggunakan Jasa Ekspedisi Import Door to Door



Term dalam Import Barang dari China Menggunakan Jasa Ekspedisi Door to Door

Pada saat pembeli melakukan proses pemesanan barang ke supplier di China / Aliexpress (1688) / Alibaba, seller biasanya menawarkan harga barang dengan term pembelian tertentu. Misalnya: USD 100 EXW Guangzhou atau ada juga yang menawarkan USD 100 FOB Guangzhou, atau USD 100 CIF Jakarta. Untuk yang pertama kali import barang dari China, mungkin bingung maksudnya apa ya itu. Dalam artikel ini, Xing Lie Cargo akan membahas mengenai term pembelian yang seringkali dipakai saat berbelanja di China. Hope it helps! :)

Pengertian CIF dalam menggunakan jasa ekspedisi import door to door service


CIF (Cost, Insurance, and Freight) merupakan salah satu metode pembayaran perdagangan yang sering ditemui dalam melakukan kegiatan import barang dari China. Jika pengiriman barang anda dari Aliexpress, Alibaba, ataupun dari mana pun di China, dengan term ini, maka harga yang anda bayarkan sudah termasuk dengan ongkos angkut dan premi asuransi yang sudah dibayarkan oleh pihak penjual sampai ke pelabuhan yang dituju.

Jadi harga ini sudah termasuk dengan harga barang itu sendiri beserta dengan biaya kapal, premi asuransi sudah menjadi satu.

Contoh:
Anda berbelanja di Aliexpress dan supplier menawarkan term CIF Jakarta. Pengiriman barang oleh supplier menggunakan  post Indonesia misalnya (melalui jalur penerbangan pesawat). Jadi artinya, barang yang sudah anda beli harganya sudah termasuk dengan pengantaran barang + asuransi sampai barang tersebut sudah tiba di tujuan Jakarta (kantor pos indonesia).

Dengan menggunakan term CIF, tanggungan supplier hanya sebatas barang sampai di Jakarta. Namun pihak supplier tidak dapat bertanggung jawab jika barang yang sudah sampai di Indonesia, pihak pembeli (importir) harus mengeluarkan biaya tidak terduga lainnya. Misalnya harus bayar pajak import di bea cukai.

Memang dengan menggunakan metode CIF ini, terasa menguntungkan karena harga pokok barang, ongkos kirim, serta asuransi sudah termasuk ke harga jual tersebut. Pihak supplier menanggung dan menjamin ongkos kirim serta asuransi. Cara ini sangat efisien dan menguntungkan pembeli atau importir jika importir sudah memiliki izin resmi sehingga jika barang yang sudah tiba di Jakarta, importir mampu memberikan surat-surat atau dokumen dokumen yang dibutuhkan oleh bea cukai sehingga barang anda bisa dilancarkan dalam pengeluaran barang.

Bagaimana jika anda menggunakan term CIF Jakarta tapi belum ada izin import dll?
Apakah dengan term CIF barang akan aman sampai ke alamat anda?
Jawabannya adalah tergantung dari nominal harga pembelian (invoice) anda.
Jika barang anda hanya berkisar usd75, dengan menggunakan CIF Jakarta barang anda akan lolos dan langsung sampai ke alamat anda.
Jika pengiriman barang anda dalam jumlah banyak dan lebih dari usd 75, kemungkinan anda harus menebus barang anda dengan mengeluarkan biaya-biaya lain yang tidak terduga. Misalnya harus bayar pajak bea masuk, PPNBM (jika barang yang anda beli merupakan barang mewah), izin lartas (dimana untuk mengeluarkan barang, diperlukan dokumen pendukung).

Jika anda mendatangkan barang kosmetik, maka untuk menebus dan meloloskan barang anda, diperlukan izin BPOM. Jika anda import barang mainan, untuk mengeluarkan barang tersebut di butuhkan izin SNI, dan lain-sebagainya. Barang yang anda import jika tiba di Jakarta juga dicek kategorinya berdasarkan HSCODE.

Dengan adanya biaya-biaya terduga ini menyebabkan biaya yang anda keluarkan menjadi bengkak karena terkadang biaya pajak dll nya cukup mahal dan pihak eksportir (supplier) tidak dapat bertanggung jawab dan mengurus barang anda karena dengan term ini, tanggung jawab supplier akan berakhir setelah barang tiba di Jakarta. Barang yang sudah tiba di Jakarta, apabila ada biaya lain maka pihak pembeli yang mengurusnya.

Karena kesulitan dalam birokrasi dan jalur yang dilalui, solusi yang terbaik yaitu dengan menggunakan pihak ketiga, yaitu pihak forwarder. Dengan menggunakan jasa forwarder, barang anda akan diurus semuanya tanpa perlu repot berurusan dengan sistem birokrasi perpajakan, bea cukai, dan lain sebagainya. Barang lartas seperti mainan, kosmetik, elektronik dan lain-sebagainya bisa dibantu proses pengeluaran barangnya melalui forwarder China.  Namun perlu diingat bahwa pihak forwarder dapat membantu pengeluaran barang anda jika barang tersebut posisinya masih berada di China. Apabila barang anda sudah terlanjur menggunakan CIF Jakarta dan sudah tertahan statusnya di bea cukai Jakarta, maka pihak forwarder tidak dapat membantu lagi kecuali barang tersebut di Reexport (dikirim lagi ke negara asalnya yaitu China).

Kesimpulannya:
Metode CIF akan menguntungkan jika anda sudah memiliki dokumen lengkap terkait dengan jenis barang yang hendak anda datangkan dari China. Term CIF ini tidak menguntungkan untuk para importir yang belum memiliki izin import lengkap karena resiko barang tertahan, resiko adanya pengeluaran biaya lain-lain yang tidak terduga dalam proses pengeluaran barang kecuali jika anda menggunakan pihak ketiga yaitu pihak forwarder dimana barang anda dari supplier di China akan diurus oleh pihak forwarder sampai barang tiba di rumah / tempat tujuan anda (door to door).

Pengertian FOB dalam menggunakan jasa ekspedisi import door to door service


FOB (Freight On Board) adalah metode term perdagangan yang disepakati oleh pihak pembeli (buyer) dan pihak penjual (supplier). Sistem pembayaran ini paling sering digunakan oleh para importir di Indonesia. Biasanya sistem ini digunakan dalam pengiriman antar China (domestic).

Kebanyakan jika anda ingin melakukan import barang menggunakan jasa forwarder, sistem term FOB ini paling banyak dipakai oleh para importir.
Dengan menggunakan sistem FOB ini, pihak penjual / supplier memiliki kewajiban dalam mengirimkan barang sedangkan pihak pembeli memiliki kewajiban dalam membayar freight angkutan sesuai dengan destinasi yang diinginkan.

Contoh kasus:
Lokasi supplier di Foshan, oleh karena itu pihak seller menawarkan harga barang dalam FOB Foshan. Jadi harga barang anda itu sudah termasuk dengan ongkos pengiriman barang ke alamat tujuan di Foshan.

Bagaimana jika anda ingin menggunakan jasa forwarder door to door, namun pihak forwarder memiliki Gudang di Guangzhou dan tidak ada Gudang di Foshan? Caranya cukup mudah. Anda cukup meminta supplier untuk mengubah term pembeliannya dari FOB Foshan anda minta untuk diberikan FOB Guangzhou. Supplier bisa membantu untuk mengirimkan barang anda dari tempat supplier di Foshan, akan dibantu kirim ke Guangzhou menggunakan ekspedisi local. Begitu banyak jenis ekspedisi local yang tersedia di China. Yang terkenal yaitu diantara lain SF express, Sinfor, Yunda, Yousu dll.

Contoh nya bisa dilihat di bawah ini : 


Biasanya anda akan dibebankan biaya freight / ongkos angkut menggunakan ekspedisi local namun harganya tidak terlalu mahal. Jangan lupa untuk minta resi pengiriman ke supplier setelah barang dikirim agar anda bisa mengecek kepada pihak forwarder apakah barang sudah tiba di Gudang forwarder atau belum.

Jika lokasi supplier anda di Guangzhou, dengan menggunakan FOB Guangzhou anda sudah tidak perlu lagi membayar biaya ekspedisi local. Terkadang apabila supplier anda lokasi di Shenzhen anda juga bisa membujuk supplier untuk memberikan free ongkir kirim ke Guangzhou (kalau mau dirayu ya :p ) sebab jaraknya dari Shenzhen ke Guangzhou tidak terlalu jauh. Kalaupun harus dikenakan biaya, biayanya tidak mahal.


Pengertian EXW dalam menggunakan jasa ekspedisi import door to door service

Dalam melakukan kegiatan import barang, banyak juga pihak supplier China yang menawarkan harga EXW (Exworks). Pengertian Exworks adalah syarat penyerahan barang dimana supplier menyerahkan barang ke pembeli di tempat penjual (misalnya:pabrik, bengkel) dll.

Contoh: EXW Shenzhen. Artinya harga barang yang ditawarkan supplier merupakan harga kotor. Pihak supplier tidak dapat mengirimkan barang ke tempat anda. Anda harus melakukan pick up barang anda di tempat / pabrik supplier.

Apakah bisa pihak supplier yang menawarkan harga term EXW mengirimkan barang ke Gudang forwarder?
Jawabannya bisa namun terdapat 2 macam term EXW yang biasanya ditawarkan oleh pihak supplier:
1.     Term EXW yang nanti nya biaya pengiriman ke Gudang forwarder dibebankan ke pihak pembeli / importir.
Contoh: Harga barang USD 1000
Freight to Guangzhou USD 20
Supplier akan bantu kirim barang ke Gudang supplier dimana biaya ekspedisi local nya dibebankan ke pihak pembeli sehingga ongkos kirimnya dimasukkan ke dalam nota pembelian (invoice) importir.

2.     Term EXW yang nanti nya biaya pengiriman ke Gudang forwarder dibebankan ke pihak penerima.
Contoh: Harga barang USD 1000
Freight to Guangzhou: EXW
Term EXW ini supplier akan melakukan pengiriman barang ke tempat yang dituju oleh importir misalnya ke Gudang forwarder di Guangzhou. Pihak ekspedisi local akan menagih ongkos ekspedisi nya ke pihak penerima (yaitu agent forwarder). Setelah barang tiba di Gudang forwarder, maka ongkir pengiriman nya ditalangi dulu oleh agent forwarder di China. Nanti setelah barang anda sudah tiba di Jakarta, pihak forwarder di Jakarta akan menagih kepada anda atas ongkir biaya pengiriman di China nya. Sistem ini biasanya disebut Prepaid / Ekspedisi Local bayar tujuan.

CIF, FOB, EXW adalah term perdagangan dan pengiriman barang yang paling sering digunakan oleh para importir dalam melakukan import barang pengiriman dari China ke Indonesia.

Perbandingan antara CIF, FOB, EXW:
CIF – Harga murah namun kemungkinan terjadinya pengeluaran biaya tambahan jika belum memiliki izin import

FOB /EXW – Jika anda menggunakan FOB, anda akan mengirimkan barang ke sesama antar wilayah China sehingga anda membutuhkan jasa forwarder sehingga dengan bantuan jasa forwarder, barang akan dibantu pengirimannya ke Indonesia. Penggunaan jasa forwarder China / Jasa Forwarder Door to Door Service dalam melakukan import barang sangat menguntungkan bagi pembeli karena anda terbebas dari resiko biaya lain-lain / biaya terduga / biaya siluman (asalkan memilih jasa forwarder terpercaya yaa). Tips memilih jasa forwarder terpercaya bisa dilihat DISINI. Karena dengan menggunakan jasa forwarder maka anda sudah tidak perlu lagi mengurus pajak, belum ada izin import juga tidak masalah karena segala pengurusan seperti pajak, bea cukai, PPN, PPH, semuanya sudah diurus oleh pihak forwarder. Harga yang diberikan oleh pihak forwarder sudah mencakup pengurusan nya. Anda hanya perlu menunggu pihak forwarder mengontak anda jika barang telah tiba di Gudang forwarder di Jakarta. Untuk anda yang diluar kota, pihak forwarder juga bisa membantu mengirimkan barang anda ke kota tujuan anda menggunakan ekspedisi local.

Tips mendapatkan biaya ongkir murah jika menggunakan term FOB: Minta supplier anda dalam membuatkan invoice menggunakan RMB (mata uang China). Harga FOB yang diberikan oleh supplier biasanya juga menggunakan RMB dan hitungannya jadi lebih murah dibandingkan dengan menggunakan dollar. Jangan khawatir juga jika format dari USD ke RMB diubah, anda kesulitan melakukan pembayaran karena Xing Lie Cargo juga menyediakan jasa pembayaran RMB , titip transfer ke supplier China dengan harga terjangkau. Xing Lie Cargo telah membantu para customer dalam melakukan transaksi ke China lebih dari ratusan transaksi. Bukti transaksi / bukti titip transfer bisa di lihat DISINI


Berikut adalah term-term perdagangan yang sering muncul jika anda melakukan import barang dari China, Aliexpress, Alibaba dll. Semoga materi ini bisa berguna bagi para pemula import. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan untuk para pemula import. Informasi mengenai pengiriman barang hubungi Xing Lie Cargo.


FACEBOOK || INSTAGRAM || TWITTER || 
Contact Us:
Email: info@xingliecargo.com




Lebih baru Lebih lama