5 Tips Mencari Forwarder / Ekspedisi Import Aman dan Terpercaya | By XING LIE CARGO




5 Tips Mencari Forwarder China Terpercaya


Dengan semakin banyak nya pedagang baik offline dan online di Indonesia, terutama yang menjual barang import di marketplace atau toko menyebabkan kebutuhan akan jasa forwarder atau jasa ekspedisi semakin meningkat dalam melakukan pengiriman barang.

Begitu banyak juga jasa atau perusahaan ekspedisi yang memberikan penawaran harga beraneka ragam mulai dari rate yang murah maupun cukup tinggi. Namun, apakah semua perusahaan tersebut terpercaya? Berikut 5 tips mencari jasa atau perusahaan forwarder ekspedisi import yang terpercaya dan aman untuk anda.

TIPS MENCARI EKSPEDISI IMPORT CHINA AMAN DAN TERPERCAYA.

Tips mencari ekspedisi import terpercaya akan mencegah anda agar terbebas dalam penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebelum memilih jasa ekspedisi, perhatikan tips-tips berikut ini agar terhindar dari kejahatan dan penipuan.


1. Memiliki lokasi kantor yang jelas di Jakarta
Jasa Ekspedisi yang terpercaya memiliki alamat kantor, nomor telepon yang jelas dan dapat dihubungi. Jika anda masih ragu dengan layanan atau perusahaan tersebut anda dapat memastikan kantornya dan datang ke kantor tersebut untuk memastikan dan berbicara dengan marketing mengenai rencana import anda.

CS yang aktif dan bawel (loh)?? juga berperan penting jika anda melakukan pengiriman barang menggunakan jasa forwarder. Bawel maksudnya adalah marketing forwarder akan menanyakan terlebih dahulu mengenai jenis barang anda. Karena tidak semua barang kita bisa terima. Ga mungkin juga kalau kita sembarangan bilang ''oke bisa terima'' tau-tau ga bisa.. Oleh karena itu sebagai forwarder, Xing Lie Cargo (XLC) harus tau detail jenis barang anda.

Jika anda melakukan pengiriman barang pertama kali dengan kita, mungkin agak kurang nyaman karena kita banyak menanyakan barang anda. Jenis barang anda apa, ada berapa banyak, beratnya berapa kg, dimensi dusnya berapa, minta foto barang, minta invoice dan packing list, minta lihat foto packagingnya (jika diperlukan), minta dokumen MSDS dan HSCODE (khusus untuk pengiriman bahan kimia saja) dll.
Mengapa??
Karena kita mau memastikan apakah kita sanggup menerima barang itu atau tidak. Karena kita juga ga mau memberikan tagihan barang yang berbeda sesuai dengan kesepakatan awal. Pengiriman barang menggunakan jasa forwarder sistem perhitungannya tergantung dari jenis barang nya.

Contoh kasus: ada customer mau masuk barang sparepart. Kita juga harus cek dulu dilihat dari foto barangnya karena harga sparepart pun bermacam-macam. Customer bilang mau masuk sparepart, kategori barang umum tanpa memberitahu foto barang terlebih dahulu. Tau-tau setelah barang keluar, ternyata sparepart tersebut ada unsur elektronik. Penagihan bisa beda. Karena kategori sparepart umum dengan kategori elektronik harga beda. Itu sebabnya mengapa kita tidak pernah memberikan price list terlebih dahulu sebelum mengetahui jenis barang customer. Karena kita tidak mau ada penagihan berbeda. Kita tidak mau dirugikan, begitu juga customer kan? :)
Btw CS Xing Lie Cargo juga responsif dan selalu bisa dihubungi asal di jam kantor. Untuk yang mau tanya-tanya atau konsultasi bisa langsung hubungi Whatsapp Bussiness kita di 087773081112.

Jasa import china
Xing Lie Cargo memiliki kantor di daerah Jakarta Utara


2. Memberikan garansi
Pihak jasa ekspedisi akan memberikan jaminan keamanan atas barang kiriman anda yang anda percayakan kepihak forwarder dengan memberikan garansi atau asuransi terhadap barang anda. Garansi atau asuransi ini biasanya meliputi garansi barang akan pasti sampai atau asuransi jika sewaktu-waktu ada barang hilang.

3. Jangan teriming-iming biaya murah
Hendaknya anda berhati-hati agar tidak termakan iming biaya murah. Seringkali ada beberapa kejadian dimana customer mendapatkan harga murah namun barang tidak sampai atau bermasalah yang mengakibatkan customer harus membayar biaya tambahan lagi untuk mengeluarkan barang. Pastikan cargo tersebut tidak membebankan anda biaya siluman.

Begitu banyak forwarder yang menjamur yang menawarkan harga berbeda-beda. Namun anda perlu pahami bahwa apakah dengan harga yang anda dapatkan, sudah termasuk dengan asuransi atau belum. Ada yang menawarkan harga murah, namun harga tersebut belum termasuk dengan asuransi jika barang amit-amit tertahan atau barang hilang.

Ada juga kasus dimana dengan biaya yang murah, setelah anda masuk barang, nanti nya akan ditagih biaya tambahan (hidden cost) diluar perjanjian awal. Jangan sampai karena teriming-iming harga murah, nanti nya anda mendapati biaya siluman yang baru ketauan di akhir.


4. Transparansi dalam penagihan
Forwarder yang aman akan memberikan informasi tagihan kepada anda secara transparant. Xing Lie Cargo akan menerima pengukuran ulang baik itu kubikasi maupun kg an jika menurut anda barang tidak sesuai dengan informasi dari packing list. Sebelum barang dikirim ke tempat customer, anda juga seharusnya bisa me-request foto timbangan sehingga anda terjamin bahwa timbangan yang sebenarnya dengan berat asli barang itu sama tidak dilebih-lebihkan oleh pihak forwarder kecuali jika ada pembulatan.

Contoh ukur ulang via udara (hitung kg) --> jadi pengukuran ulang melalui timbangan. *Mohon diperhatikan rounding (pembulatan). Misalnya 5.6 kg jadi 6 kg, dst.

xing lie cargojasa forwarder murah

Contoh ukur ulang via laut (hitung kubikasi) --> jadi pengukuran ulang pakai meteran karena dihitung panjang x lebar x tinggi dimensi dusnya. Terkadang dimensi p x l x t dari supplier berdasarkan packing list suka berbeda / selisih dikit dengan dimensi asli. Jika anda merasa dimensi dari packing list dengan dimensi tagihan kita berbeda jauh, kita bisa bantu hitungin dimensi real nya ke customer.




5. Bisa menerima COD (Cash On Delivery) & Know When to Stop, Know When to Accept
Bagi customer yang baru menggunakan jasa pengiriman forwarder, agar tidak takut barang tidak dikirim saat ada penagihan, hendaknya anda me request forwarder untuk melakukan pembayaran dengan term COD sehingga barang tiba di tempat anda, baru anda tranfer. Dengan COD anda tidak perlu khawatir barang tidak sampai di tempat anda.



Know when to stop - Know when to Accept
Sebagai penyedia jasa forwarder, ada kalanya kita harus menolak untuk tidak menerima pengiriman barang yang memang kita tidak sanggup jalankan. Terkadang beberapa jenis barang lartas seperti kimia atau textil, jika kondisi lapangan sedang tidak bagus, kita bersedia stop terima orderan barang tersebut walaupun sebelumnya kita bisa. Dan kita akan menginformasikan lagi jika jalur sudah aman dan sudah bisa terima.

**Tips tambahan:

6. Mengirim foto barang anda saat penagihan
Jika anda takut barang tidak dikirim setelah anda membayar biaya jasa ke forwarder, anda dapat meminta foto barang terlebih dahulu karena seharusnya jika sudah ada tagihan, berarti barang sudah tiba di gudang forwarder anda di Jakarta-Indonesia.

Berikut adalah tips-tips dalam memilih perusahaan forwarder door to door aman dan terpercaya. Xing Lie Cargo mampu membuktikan bahwa cargo kami memenuhi 5 standart diatas.
100% trusted. Cek INSTAGRAM  atau TESTIMONIAL kita atas pelanggan yang puas menggunakan layanan kami.



Jika ada kebutuhan import, jangan segan hubungi kami


XING LIE CARGO

For Testimonial, Updates, Warehouse:
FACEBOOK || INSTAGRAM || TWITTER || 

Contact Us:
Email: info@xingliecargo.com







Lebih baru Lebih lama