Perbedaan Import Borongan VS Import Resmi

 Kirim barang dari China ke Indonesia dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Jika anda hanya ingin membeli barang jumlah sedikit atau satuan, bahkan bisa saja anda mendatangkan barang tersebut secara handcarry. Lantas, bagaimana jika melakukan pembelian dalam jumlah banyak? Menggunakan cara apa saja agar barang bisa sampai ke Indonesia? Simak artikel ini sampai habis!


Apabila anda seorang importir atau pengusaha yang berdagang barang dengan memasok supplier dari China, untuk metode pengiriman jumlah besar, anda bisa menggunakan 2 macam cara yaitu import borongan atau pun import jalur resmi. Lantas, apa saja perbedaannya? 





Import menggunakan jalur resmi

Jika anda seorang importir yang mendatangkan barang secara containeran penuh atau FCL, yang memiliki modal tidak terbatas dan melakukan pembelian dalam jumlah yang sangat besar, import menggunakan jalur resmi akan menguntungkan untuk anda. Hanya saja, anda perlu mempersiapkan dokumen yang sangat lengkap agar proses pengeluaran barang berjalan dengan lancar dan mudah. Biasanya barang akan dilakukan pengecekan per container saat barang tiba di pelabuhan. Pemberian dokumen dan surat yang lengkap akan memudahkan proses pengeluaran barang. 


Import jalur resmi ini bisa lebih murah dan jarang terjadi pengiriman telat, hanya saja kekurangan import menggunakan jalur resmi adalah sebelum berjalan dengan lancar, tentunya anda memerlukan waktu lebih lama untuk mengurus surat, izin import dan lain lainnya.


Import menggunakan jalur borongan

Jalur borongan bisa anda gunakan untuk import barang dari China apabila anda tidak ingin repot mengurus semuanya. Selain itu, anda juga tidak perlu mengimport barang dalam jumlah sangat besar, tidak perlu import dalam 1 container jika anda memiliki modal yang terbatas. 

Dengan menggunakan jalur borongan atau istilahnya jasa forwarder, terdapat 2 macam opsi yang bisa anda pakai yaitu metode pengiriman barang via laut ataupun via udara. Biasanya anda hanya perlu memberikan dokumen penunjang proses import barang seperti dokumen invoice atau nota pembelian dan packing list yang berisikan informasi barang seperti total berat, dimensi, total berapa pcs dll.


Import jalur borongan cocok digunakan untuk anda yang mau terima beres, kekurangan menggunakan jalur borongan ini adalah terkadang jika kondisi tidak terlalu baik, akan terjadi keterlambatan barang untuk tiba di tujuan.






Lebih baru Lebih lama