HATI-HATI BONCOS IMPOR BARANG DARI CHINA

 Import barang dari China memang mudah. Anda bahkan tidak perlu pergi langsung ke negara China untuk mencari supplier. Hanya melalui gadget anda seperti handphone, komputer, laptop, anda sudah bisa mencari supplier dari China dan menjadi importir. Namun, terdapat hal-hal yang perlu anda perhatikan pada saat anda ingin import barang dari China agar tidak merugi. Melalui artikel ini, Xing Lie Cargo akan memberikan informasi penting untuk anda pemula importir agar proses import berjalan dengan lancar.


Hal-hal yang mengakibatkan boncos jika import barang dari China

tips import barang dari china



Import barang tanpa kalkulasi ongkos pengiriman


Anda langsung membeli barang dalam jumlah banyak ke supplier secara langsung tanpa memperhitungkan biaya ongkos pengiriman. Hal ini dapat menyebabkan barang anda akan membutuhkan biaya yang sangat besar apalagi jika barang tersebut membutuhkan izin-izin terkait seperti izin SNI, BPOM, dll. Sebelum mendatangkan barang ke Indonesia, alangkah baiknya anda mencari tau jenis barang anda itu apakah perlu izin atau tidak, masuk ke kategori barang apa, mencari tau Hscode atau MSDS (jika ingin mendatangkan barang kimia). Cari tau secara detail mengenai barang tersebut dan kategori nya, setelah itu anda baru mengestimasi ongkos biaya pengiriman baik melalui forwarder ataupun melakukan pengiriman langsung tanpa forwarder.


Melakukan manipulasi dokumen invoice pembelian

Mengubah nominal nota pembelian atau undervalue invoice mungkin dapat meringankan anda dari biaya pajak yang nantinya akan anda bayarkan. Tapi ketahui juga bahwa efek sampingnya jika ketahuan akan berakibat fatal, yang mengakibatkan tagihan lebih besar bahkan resiko barang akan disita.


Tidak melakukan konfirmasi ke pihak forwarder

ddd Tarif forwarder disesuaikan berdasarkan jenis kategori barang. Misalnya perjanjian dengan forwarder barang A tarif 5 juta. Anda import barang B tanpa konfirmasi.  Ternyata, barang B tersebut tarif 6 juta. Tentunya perhitungan anda menjadi tidak relevan. Oleh karena  itu, konfirmasi sangat diperlukan sebelum kirim barang ke gudang forwarder.



Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan import anda berjalan dengan tidak mulus. Pastikan anda memiliki beberapa perencanaan sebelum mulai import barang dari China. Anda juga bisa menghubungi Xing Lie Cargo jika ada pertanyaan lainnya seputar import barang. 

Xing Lie Cargo merupakan jasa impor China yang memiliki layanan forwarder untuk memudahkan anda untuk import barang dari China ke Indonesia. Jangan ragu untuk konsultasi kepada Xing Lie Cargo terlebih dahulu sebelum anda memulai import.








Lebih baru Lebih lama