4 Macam Cara Menghubungi Supplier di Alibaba

 Setelah anda berhasil membuat akun di Alibaba, anda bisa dengan mudah melakukan pencarian jenis barang yang anda ingin beli. Cara mencari produk yang anda inginkan bisa melalui kolom pencarian (Search). Anda juga bisa menfilter produk yang ingin anda cari agar hasilnya bisa lebih spesifik lagi dan sesuai dengan kriteria produk yang anda mau.

Langkah selanjutnya setelah anda menemukan barang yang anda mau, anda harus menfilter suppliernya. Terdapat banyak sekali penjual untuk satu jenis barang yang sama. Anda dapat membandingkan nya terlebih dahulu, agar mendapatkan harga yang terbaik.


Berbagai Macam Cara Menghubungi Supplier di Alibaba 




1. Komunikasi ke supplier dengan meminta penawaran (Send Inquiry atau RFQ)


Klik warna orange contact supplier lalu ketik saja kriteria barang yang anda ingin beli, anda juga bisa upload lampiran foto. Sebutkan dan tulis secara spesifik kriteria barang secara detail sehingga anda memperoleh barang yang sesuai dengan yang anda inginkan.

Kelebihan menggunakan send inquiry ini, anda bisa menjelaskan secara detail barang yang anda mau tapi kekurangannya adalah komunikasi melalui cara ini membutuhkan waktu yang agak lama agar anda mendapatkan balasan dari supplier.

2. Komunikasi ke supplier dengan menggunakan messanger


Klik leave messages sehingga nanti akan muncul kotak chattingan seperti MSN. Anda bisa komunikasi langsung dengan supplier. Fitur ini sekarang sangat mudah di gunakan untuk komunikasi dengan supplier dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, anda tidak dapat langsung komunikasi melalui messanger ini, melainkan harus install dulu aplikasi Trade Manager agar bisa chatting an dengan supplier. 

Kekurangannya menggunakan chattingan ini adalah terkadang di jam luar kerja, dimana pegawai atau sales kantoran pulang kerja, mereka akan agak lama merespon diluar jam kerja untuk menunggu balasan dari supplier anda. 

3. Komunikasi ke supplier dengan menggunakan Whatsapp

Dengan meminta whatsapp supplier, anda bisa komunikasi dengan supplier anda dengan bebas bahkan di jam luar kerja. Namun diperlukan VPN di China agar Whatsapp bisa di gunakan sehingga terkadang pesan anda kemungkinan masuk agak lama (centang satu) jika supplier belum mengaktifkan VPN. 😁

4. Komunikasi ke supplier dengan menggunakan Wechat

Rata-rata supplier di China menggunakan aplikasi Wechat untuk komunikasi. Supplier anda akan lebih cepat respon jika menggunakan aplikasi Wechat dibandingkan Whatsapp karena mereka tidak perlu mengaktifkan VPN lagi. 

Anda juga bisa melihat moment/status supplier anda di Wechat karena terkadang beberapa supplier memasarkan barang dagangannya juga di status/moment Wechat atau bahkan upload kondisi gudang.



Berikut adalah berbagai macam cara menghubungi supplier anda di Alibaba. Hubungi Xing Lie Cargo apabila anda membutuhkan jasa forwarder China Indonesia!



Previous Post Next Post