Pakai Jasa Forwarder Barang Hilang?

Usaha di bidang apapun, tentunya ada naik dan turun. Tidak selamanya juga usaha berjalan sesuai dengan keinginan. Import barang dari China ke Indonesia apabila dilakukan menggunakan jasa forwarder, tentunya akan memudahkan anda karena semuanya sudah diurus dan anda tidak perlu terlalu pusing. Hanya saja, terkadang menggunakan jasa forwarder juga tidak selamanya berjalan dengan mulus. Sering kali mungkin anda mendengar ada masalah barang hilang, atau adanya keterlambatan estimasi waktu dan lain sebagainya. 




Apakah jika menggunakan jasa forwarder, barang sering hilang? Temukan jawabannya disini!

Terkadang penyebab barang hilang selama perjalanan dari China ke Indonesia dapat dikarenakan oleh beberapa faktor. Berikut ini akan kami rangkum beberapa hal yang mengakibatkan barang hilang selama pengiriman barang dari China ke Indonesia.


Jalur pengiriman yang dipakai oleh forwarder

Jalur pengiriman yang ditempuh oleh jasa forwarder juga berpengaruh terhadap keselamatan barang anda. Misalnya jika menggunakan pengiriman transit, dimana selama perjalanan membutuhkan 2-3x bongkaran container karena transit, tentunya hal ini dapat mengakibatkan resiko kehilangan barang lebih besar. Sedangkan jika anda memilih jasa forwarder dengan jalur langsung/direct tanpa transit, maka resiko kehilangan barang akan semakin kecil.


Kelalaian pengemasan oleh vendor supplier China

Pengemasan yang tidak baik juga dapat mengakibatkan resiko barang hilang ataupun rusak. Contoh: anda memiliki supplier mur dan baut di China dan hendak melakukan pengiriman. Supplier tersebut melakukan pengemasan tidak sesuai standart, misalnya hanya di packing dalam dus saja. Tentunya hal ini akan menyebabkan barang hilang. Mur dan baut termasuk jenis barang berat, jika packing menggunakan dus saja, maka akan sulit menahan beban berat yang berakibat dus nya jebol, isi barang jadi hilang-hilangan. Alangkah baiknya untuk pengemasan mur dan baut, akan lebih bijak jika menggunakan packing palet yang kokoh sehingga aman terhadap guncangan, ditumpuk dengan barang lain selama perjalanan menggunakan container juga tidak bermasalah karena pengemasan palet kayu tidak mudah ringkih.


Adanya random sample check

Meskipun jarang terjadi, tapi bisa saja selama proses pengiriman berlangsung, container terkena random check atau pengecekan sample sehingga mengakibatkan barang hilang beberapa piece. Untuk hal ini, tidak bisa dihindari karena pengecekan terjadi secara random dan tidak semua container mengalami hal ini.


Berikut adalah hal-hal yang menyebabkan barang hilang saat pengiriman. Pastikan anda memilih forwarder dengan jalur pengiriman yang aman dan diusahakan tanpa transit sehingga barang bisa sampai ke tangan anda dalam jumlah yang lengkap dan sesuai dengan pembelian anda. Selain itu, pastikan juga supplier anda untuk melakukan pengemasan barang sesuai dengan standart packing international supaya barang tiba dalam kondisi yang masih bagus.





Lebih baru Lebih lama