Jasa Import Borongan Apa Perlu Undervalue Invoice?

Apa itu Undervalue Invoice ?

Undervalue invoice adalah suatu cara untuk meringankan beban pajak importir dimana nota pembelian suatu barang tersebut dimanipulasi dengan mencantumkan harga yang tidak sesuai dengan harga barang itu sendiri. Jadi, di nota pembelian tersebut, nominal nya dikecilkan dan tidak sesuai dengan harga aslinya. Meskipun tidak semua orang melakukan ini, tapi ada saja yang mencoba untuk mengakali hal ini agar memperoleh pajak yang murah akibat penurunan nilai invoice ini.


Apakah Aman Undervalue Invoice?

Jika anda sudah memiliki forwarder dan melakukan pengiriman menggunakan jasa import borongan, undervalue invoice sangatlah tidak disarankan. Pasalnya, terdapat beberapa resiko jika anda melakukan hal ini yang tentunya bisa merugikan kedua belah pihak antara importir dan jasa forwarder. Apabila anda menggunakan jasa import borongan, harap memberikan data informasi mengenai invoice yang sesuai tanpa dimodifikasi / manipulasi


Apa dampak undervalue invoice?

Undervalue invoice dapat berakibat fatal yang menyebabkan container terkena inspect sehingga menghambat proses pengeluaran barang keluar dari pelabuhan. Tentunya hal ini akan merugikan jasa forwarder dan estimasi pengeluaran barang menjadi lebih lama jika terjadi masalah. Selain itu, segala bentuk kerugian yang terjadi karena undervalue invoice juga dibebankan ke customer. Oleh karena itu, mohon kerja sama importir agar memberikan dokumen dengan asli dan benar tanpa di undervalue demi kepentingan bersama agar barang bisa keluar secara tepat waktu dan sesuai dengan estimasi. 


Undervalue invoice tidaklah perlu dilakukan, apalagi jika anda import menggunakan bantuan forwarder atau jasa import borongan, dimana harga yang pihak forwarder berikan tersebut juga sudah all in (include pajak, beacukai dll) dan harga tersebut juga sudah disepakati oleh importir sebelum importir mengirim barang ke gudang forwarder. Harga yang telah diberikan oleh forwarder, tentunya tidak akan mengalami perubahan sepihak setelah anda mengirim barang ke gudang forwarder.


Hubungi jasa import borongan Xing Lie Cargo untuk informasi lebih lanjut mengenai pengiriman barang dari China ke Indonesia!




Lebih baru Lebih lama