Cara Belanja di China yang Aman | By Xing Lie Cargo

cara belanja di alibaba

Cara Belanja di China yang Aman

Di era pandemi ini, untuk anda yang ingin pergi untuk tujuan bisnis ke negeri China dalam rangka mencari supplier, atau mencari barang untuk dijual kembali, mungkin masih agak sulit. Meskipun pandemi ini sudah mulai berturun, dan negara lain sudah membebaskan turis asing masuk ke negara nya, lain hal nya dengan negri China. Turis asing masih belum bisa mengunjungi China, malah di 2022 pun sangat ketat sekali dengan adanya lockdown di beberapa kota seperti Shanghai, Guangzhou dll.


Belanja di China Secara Online 

Anda tidak perlu khawatir karena meskipun anda tidak bisa mengunjungi negeri China, anda bisa saja melakukan pembelian barang, mencari barang dan supplier secara online. Mungkin anda ragu dan takut, wahh bagaimana nih kalau sampai kena tipu? Apalagi tidak kenal dengan suppliernya, pabrik dan lokasinya belum bisa dikunjungi, apakah aman jika berbelanja secara online? Melalui artikel ini, Xing Lie Cargo akan membagikan tips untuk anda jika anda ingin berbelanja dari China secara online!


Tentukan Marketplace yang Anda Inginkan

Cari tau barang yang anda inginkan itu dengan mencari dari marketplace. Anda bisa melakukan perbandingan harga dari Aliexpress, Alibaba dan Taobao yang bisa anda sandingkan, murahan mana barangnya. Setelah anda menemukan barang yang anda inginkan, anda dapat menghubungi supplier untuk bertanya lebih lanjut. Biasanya jika anda membeli dalam jumlah banyak, harga barang akan lebih murah melalui aplikasi Alibaba, karena banyak sekali penjual di Alibaba yang memang memiliki pabrik sendiri dan menjadi produsen tangan pertama untuk barang itu.


Cari Tau Kredibilitas Supplier

Sebelum melakukan transaksi dengan supplier, cari tau dulu penjual tersebut dengan melihat dari rating atau riwayat pembelian oleh pembeli lain, mengecek status transaksi nya, dan lain sebagainya. Jangan tergiur dengan harga murah tapi ternyata anda mendapatkan supplier yang kurang dapat dipercaya. 


Tentukan Metode Pembayaran ke Supplier yang Aman

Apabila anda berbelanja dalam jumlah yang cukup besar, tentu nya supplier anda akan membutuhkan waktu untuk memproduksi barang anda. Tips dari Xing Lie Cargo adalah, anda bisa meminta supplier untuk mencicil pembayarannya. Misalnya dengan melakukan tempo pembayaran 70:30 yang artinya, anda cukup membayar uang DP sebesar 30% saja, dan nantinya sisa pelunasan anda bayarkan setelah barang selesai di produksi. Atau biasanya anda bisa melakukan nego dengan supplier dengan tempo 20:80, atau 50:50 tergantung kesepakatan. Tentu nya dengan term pembayaran seperti itu, akan lebih aman dan menguntungkan anda dibanding anda membayar langsung secara full. 


Minta Foto ke Supplier 

Mintakan foto barang yang telah disiapkan oleh supplier anda sebelum supplier mengirimkan barang sesuai dengan alamat yang anda infokan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa benar barangnya sudah ada dan siap dikirim.


Berikut adalah cara berbelanja di China yang aman agar meminimalisir resiko yang tidak diinginkan. Meskipun berbelanja secara online, ada resiko, tapi tidak selalu. Jika anda jeli dan bisa menemukan supplier baik yang terpercaya, tentu nya anda bisa menjalin hubungan jangka panjang dengan supplier tersebut dan urusan bisnis anda juga dapat dilancarkan dengan supplier yang baik dan bertanggung jawab. 


Hubungi Xing Lie Cargo jika anda ingin dibantu untuk proses pengiriman barang importnya!  Sebagai penyedia jasa import China ke Indonesia, Xing Lie Cargo juga bisa membantu anda untuk masalah pembayaran ke supplier anda!



Lebih baru Lebih lama