Bagaimana Cara Mengurus Barang yang Tertahan di Bea Cukai?

Mendatangkan barang dari luar negri memang menyenangkan. Anda bisa memperoleh barang yang anda inginkan dengan mudah dan membukakan peluang untuk berjualan barang yang masih belum ada di pasaran atau di Indonesia. 


Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan import barang yaitu dengan mengecek terlebih dahulu berapa pajaknya untuk barang yang ingin anda import itu. Setiap kategori barang, tarif biaya pajak nya berbeda-beda. Jangan sampai anda sudah berbelanja dari luar negri, lalu membayar tagihan pajak yang besar dan bahkan lebih mahal di bandingkan harga barang nya itu sendiri. 


Pembelian barang dari luar negri, akan dibebaskan dari pajak apabila nominal harga barang anda sebesar $3. Diatas dari $3, maka anda di wajibkan untuk membayar pajak.


Bagaimana cara mengurus barang yang tertahan di bea cukai?




Misalnya anda melakukan import barang dengan melakukan pembelian barang dari Alibaba atau 1688 Aliexpress yang dikirim oleh supplier langsung ke Indonesia. Lalu, setelah barang tiba di Indonesia, tracking an anda tidak ada perubahan, dan mewajibkan anda mendatangi kantor pos Indonesia untuk menebus barangnya.


Salah satu cara dalam mengurus barang yang tertahan di bea cukai adalah dengan membayar sejumlah pajak berdasarkan tagihan yang tertera. Penetapan tarif pajak dicekkan berdasarkan kategori barang dan HSCode nya dalam menentukan apakah barang tersebut kena ke kategori barang lartas atau tidak.

Akan lebih sulit lagi untuk melakukan pengeluaran barang apabila ternyata barang yang anda import itu harus butuh perizinan seperti BPOM, atau SNI.


Cara lainnya dalam menyelesaikan masalah barang yang tertahan di bea cukai adalah dengan melakukan pengembalian barang tersebut ke negara asal atau yang biasa di sebut re-export apabila anda merasa biaya pajak yang harus anda bayarkan terlalu besar. Setelah barang dibalikan ke negara asal, anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa import dari China ke Indonesia atau yang biasa di sebut sebagai jasa import borongan.


Melalui jasa import borongan, barang akan diurus oleh penyedia jasa tersebut dimulai dari barang di negara asal sampai di Indonesia. Meskipun tidak semua barang bisa di terima oleh pihak jasa import borongan, tapi setidaknya anda tidak perlu repot lagi dalam mengurus pajak dan perizinan apabila barang tersebut bisa di handle oleh jasa import borongan.


Salah satu jasa import borongan yang bisa anda gunakan adalah Xing Lie Cargo yang telah berpengalaman dalam membantu customer dalam melakukan pengiriman barang dari China ke Indonesia. Selain berperan sebagai jasa pengiriman China ke Indonesia, Xing Lie Cargo juga bisa membantu customer untuk melakukan pembayaran ke supplier China hanya menggunakan rupiah.


Klik foto di bawah ini untuk komunikasi langsung dengan CS Xing Lie Cargo. Free panduan import untuk pemula !








 kasi gbr --dr canva

Lebih baru Lebih lama