Berapa Sih Minimal Pembelian Barang di Alibaba?

 Dalam berbelanja di China, agak sulit jika anda membeli dalam satuan. Biasanya anda bisa membeli barang secara satuan atau barang sample namun harga yang di tawarkan oleh supplier sedikit lebih mahal di banding anda membeli dalam jumlah banyak. 


Berapa sih MOQ (Minimum Order Quantity) pembelian di Alibaba ? 






MOQ atau yang biasa di sebut sebagai minimum order quantity adalah jumlah pesanan paling minimal, atau jumlah stok paling rendah yang di layani oleh supplier atau penjual kepada pihak pembeli. Jika pemesanan anda di bawah MOQ, biasanya pesanan anda akan sulit di proses dan pihak penjual tidak mau menerima orderan anda.


Dalam proses transaksi dan berbelanja, Alibaba memberikan moq atau minimum order yang wajib anda penuhi di Alibaba. Untuk setiap penjual yang berada di marketplace Alibaba, minimum order nya berbeda-beda. Anda bisa menanyakan terlebih dahulu berapa minimum order, dan apabila anda melakukan pembelian dalam jumlah tertentu, dalam arti lebih besar dari MOQ, anda juga bisa melakukan negosiasi dengan supplier tersebut dan bisa melakukan penawaran harga demi mendapatkan harga yang lebih murah. 


Apakah bisa membeli dalam jumlah satuan?

Alibaba menerapkan metode B2B (business to business) sehingga pembelian dalam marketplace ini akan lebih cocok jika anda yang ingin import dalam skala besar, beli barang dalam jumlah banyak karena melalui Alibaba, penjual nya kebanyakan berasal dari pabrik langsung yang memproduksi barangnya sendiri, banyak juga yang berperan sebagai distributor dan pedagang besar sehingga terkadang minimum order yang di tawarkan juga lumayan besar. Meskipun terkadang ada juga pengecer yang menjual barang di Alibaba sehingga anda bisa membeli dalam jumlah tidak banyak. 


Biasanya di Alibaba, anda bisa membeli barang dibawah minimum order yang diberikan, namun anda perlu melakukan negoisasi dengan supplier tersebut karena pembelian di bawah minimum order biasanya harga yang di berikan menjadi sedikit lebih mahal.


Salah satu cara apabila anda ingin melakukan pembelian secara satuan atau jumlah yang lebih sedikit, anda bisa mempertimbangkan untuk belanja di Aliexpress. Aliexpress atau 1688 memiliki skema B2C (bussiness to consumer), dimana anda bisa saja melakukan pembelian dalam jumlah kecil atau satuan dan harganya menjadi lebih murah dibandingkan membeli barang di Alibaba dalam jumlah sedikit.


Berikut adalah penjelasan mengenai minimal pembelian dari China. Untuk kebutuhan pembelian dalam jumlah kecil, anda bisa mempertimbangkan mencari supplier di Aliexpress, sedangkan untuk kebutuhan pembelian dalam jumlah besar, anda bisa mempertimbangkan mencari supplier di Alibaba demi mendapat harga terbaik. Anda juga bisa menghubungi Xing Lie Cargo jika anda membutuhkan jasa forwarder China ke Indonesia atau jasa transfer ke supplier.




Lebih baru Lebih lama