Tips Pengiriman Barang ke Gudang China Menggunakan Ekspedisi Local



Jika anda mengimport barang dari China, dalam proses pemilihan supplier tentu nya hal pertama yang anda lakukan yaitu mengecek apakah supplier tersebut bisa dipercaya atau tidak, mengecek apakah barang yang anda inginkan sudah sesuai dengan barang dari supplier atau belum. Setelah itu, langkah terakhir yang anda lakukan baru mengecek dimana lokasi supplier, pabrik nya dimana. 

Jika lokasi agent forwarder di Guangzhou, supplier anda berlokasi di Guangzhou, terkadang supplier akan mengantarkan barangnya langsung ke agent baik menggunakan trucking ataupun mobil pribadi. Namun seringkali lokasi supplier berjauhan dengan agent forwarder. Apabila hal itu terjadi, anda bisa menyuruh supplier untuk mengirimkan barang anda dengan menggunakan bantuan ekspedisi local.

Cargo lokal / ekspedisi local di China sangat banyak dan tarifnya berbeda-beda. Berikut ini kami rangkum beberapa china local express yang sering digunakan saat kirim barang dari tempat supplier ke agent forwarder kami beserta dengan link website nya agar anda bisa tracking sendiri dan mengecek apakah barang sudah tiba atau belum di gudang:

2. Yousu (优速通达快递)http://www.uce.cn/index.html
masukkan resi di kolom ini*


3. Zto (中通速递) https://www.zto.com/

4. Sto (申通) http://www.sto.cn/
6. Deppon (德邦快运) https://www.deppon.com/
8. Baishi Express (百世) http://800bestex.com/
9. Kuaiye (跨越快递) https://www.ickd.cn/kuayue.html

Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan ekspedisi local adalah:
1. Biaya pengiriman
Tanyakan terlebih dahulu kepada supplier estimasi biaya pengiriman dari tempat gudang mereka ke gudang agent forwarder berapa. Terkadang ongkos biaya kirim menggunakan ekspedisi local dimasukkan ke dalam invoice. Jadi, anda harus membayar harga barang + shipping cost ke agent forwarder. Supplier yang membayar ekspedisi local nya.

Namun ada juga dimana supplier gak mau repot. Pengiriman barang menggunakan ekspedisi local dibayar ditujuan / sistem prepaid. Jadi, kalau di invoice yang tertera hanya harga barang saja. Barang yang diantar oleh supplier saja. Biaya ekspedisi localnya dibayarkan setelah barang tiba di tempat tujuan (di agent forwarder). Pihak forwarder talangin dulu biaya ekspedisi local untuk barang anda. Nanti setelah barang sudah sampai Jakarta, kita juga akan menagih ke anda untuk biaya ekspedisi localnya.

Jadi, harus dipastikan dulu pembayaran ekspedisi localnya apakah dibayar oleh supplier apa dibayarkan ditujuan. Kalau dibayar ditujuan, berarti nanti kami yang akan menagih ke anda untuk biaya ekspedisi localnya.

2. Packing yang bagus
Jika barang dikirim oleh supplier menggunakan jasa ekspedisi local, pastikan telah memakai dus yang sesuai standart international. Sebab, apabila barang yang dikirim oleh supplier menggunakan dus yang kurang kokoh atau jelek, biasanya barang yang dikirim oleh ekspedisi local ke gudang forwarder kondisinya semakin kurang bagus. Kami tidak dapat bertanggung jawab apabila barang hilang akibat kesalahan ekspedisi local

3. Kirim sekaligus
Terkadang ada supplier yang mengirimkan barang ke ekspedisi local tidak digabung. Hal ini mengakibatkan resiko barang yang terpencar pengiriman nya akan sulit terdeteksi atau kemungkinan hilang apalagi jika tidak dicantumkan marking. Diharapkan agar barang yang dikirim ke ekspedisi local agar bisa dikirim sekaligus agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Pastikan mencantumkan kode marking
Harap mencantumkan kode marking di setiap dus sebelum barang dikirim ke gudang kita di Guangzhou. Tujuannya agar barang yang telah sampai di agent forwarder bisa dengan mudah dideteksi. Untuk yang masih bingung mengenai apa itu kode marking bisa dilihat disini 


For Testimonial, Updates, Warehouse:
FACEBOOK || INSTAGRAM || TWITTER || 

Contact Us:
Website: www.xingliecargo.com
Email: info@xingliecargo.com
Instagram: @xingliecargo
Whatsapp & Phone: 08777-308-1112 
Previous Post Next Post